Akses Tol ke Bandara Kertajati Resmi Dibuka, Ridwan Kamil: Ini Memudahkan

Akses Tol ke Bandara Kertajati Resmi Dibuka, Ridwan Kamil: Ini Memudahkan

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyambut baik dibukanya akses Tol Cipali menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka.

Hal tersebut akan memudahkan masyarakat menuju Bandara Kertajati karena tidak perlu lagi melalui jalan arteri. Tapi, bisa langsung melalui Tol Cipali

\"Iya akses dari Tol Cipalinya, itu memudahkan ke Bandara Kertajati,\" ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (20/12/2021).

Akses tol ke Bandara Kertajati sepanjang 3,7 kilometer resmi beroperasi pada Senin (20/12/2021). Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo meresmikan langsung.

Pintu masuk akses tol tersebut berada di KM 158 Tol Cikopo-Palimanan.

Menurut Kang Emil-sapaan akrab-Ridwan Kamil, akses menuju BIJB akan jauh lebih mudah setelah pembangunan jalan Tol Cisumdawau rampung. Rencananya, Tol Cisumdawu mulai beroperasi akhir tahun ini atau paling lambat awal 2022.

\"Nunggu yang akses Cisumdawunya nembus, sehingga full,” tuturnya.

Terkait Saat ini BIJB sudah melayani penerbangan logistik. Kang Emil mengatakan, kebijakan penerbangan penumpang maupun logistik merupakan kewenangan Kementerian Perhubungan.

\"Kebijakan penerbangan bukan di provinsi, jadi saya melobi terus Pak Menhub,\" ujar Kang Emil.

Kang Emil berharap, tahun 2022 seiring beroperasinya Tol Cisumdawu dan akses tol ke Kertajati, penerbangan akan semakin bertambah dan perekonomian meningkat.

\"Rencana 2022 seperti apa, mudah-mudahan ekonomi bangkit dan penerbangan bisa banyak,\" pungkasnya. (jun)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: